Kajian Yuridis Plasma Nutfah Bagi Ketahanan Ekonomi Negara


Berbagai keragaman jenis sumberdaya alam hayati yang terdapat dimuka bumi ini, ada terdapat 5 juta jenis species vegetasi (nabati), 10 juta species binatang (hewani) dan 2-3 juta jenis mikroorganisme (jasad renik) dan baru sekitar 10 % yang telah dapat di identivikasi (Wirakusumah.S,2003). Sebagian jumlah species tersebut terdapat di Indonesia yang dikenal salah satu negara yang memiliki mega biodiversity yang direspon oleh Konstitusi RI pada UUD 1945 dalam Pasal 33 Ayat (3) yang mengamanatkan bahwa :
“Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.
Yang dijabarkan lebih lanjut oleh Ketetapan MPR Nomor IX/MPR/2001 khususnya Pasal 3 yaitu bahwa :
“ Pengelolaan sumberdaya alam yang terkandung di daratan, laut, dan angkasa dilaksanakan secara optimal, adil, berkelanjutan, dan ramah lingkungan”.
Pengelolaan sumberdaya alam yang dimaksud adalah pengelolaan semuan unsur-unsur sumberdaya alam hayati (nabati dan hewani), non hayati dan jasa lingkungan lainnya. Sumberdaya alam hayati yang sangat dipengaruhi karagaman jenis nabati dan hewani, dan keragaman jenis sangat tergantung dari kekayaan sumberdaya genetik (plasma nutfah). Plasma Nutfah diartikan merupakan substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme (Anonim,2007). Upaya pengelolaan dan pelestarian sumberdaya alam hayati tidak dapat dilepaskan dari upaya pengelolaan dan pelestarian plasma nutfah selaku pembawa sifat keturunan species keanekaragaman hayati tersebut.
….selengkapnya : plasma nutfah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: