Valuasi Sumberdaya Alam


Pernahkah kita berpikir bahwa dalam menjalanin hidup ini kita membutuhkan bantuan orang lain. Bagaimana jika kita bekerja membuat suatu bangunan rumah permanen hanya seorang diri (dari menggali lobang, membuat pondasi, mengaduk semen, memasang batubata, dan kegiatan lainnya), tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan besar kemungkinan tidak selesai…oleh sebab itu bantuan orang lain sangatlah diperlukan. Pada saat kita membangun rumah tersebut tentu kita juga akan kelaparan sehingga butuh makanan dan lauk pauknya. Untuk membuat lauk pauk  ibu-ibu membutuhkan ikan dan bahan lainnya, jika untuk menggoreng ikan ibu-ibu kita harus memancing dulu ke sungai/laut, memetik bahan-bahan untuk sambal kekebun, membuat minyak kelapa…dan sebagainya..tentu kita tidak tau kapan kita bisa makan ikannya……….atau jangan jangan tidak jadi makan.

Hubungan yang disampaikan diatas sangatlah erat kaitannya bila kita bicara sumberdaya alam yang merupakan kesatuan ekosistem dan lingkungannya. Oleh sebab itu bicara membuat rumah kita secara tidak langsung kita juga terkait dengan potensi ikan dilaut.  Bicara potensi ikan berarti kita juga bicara mangrove, sebab pakan ikan dilaut  disupplay dari mangrove dan bahan organik lainnya. Sehingga dapat diartikan bahwa langsung atau tidak langsung kita memiliki keterkaitan yang berangakai dengan semua aspek baik itu biotik maupun abiotik. Sama halnya seperti yang pernah kita pelajari diwaktu sekolah dasar tentang rantai makanan.

Gambar 1. Rantai makanan sederhana

Begitu eratnya keterkaitan antara satu aspek dengan aspek lainnya dalam suatu ekosistem dan lingkungan tempat kita hidup maka perlu mempertimbangan semuanya dalam mengambil kebijakan. Ketika akan membuat suatu kebijakan yang terkait dengan pemanfaatan sumberdaya alam tentu juga harus bicara dampak  yang ditimbulkanya. Adakalanya dalam menentukan kebijakan pertimbangan pertimbangan tersulit dalam menaksir atau menentukan besarannya.  Menentukan besaran dampak secara nominal tentu akan lebih mudah. Nilai nominal dari akibat yang ditimbulkan tersebut dapat kita lakukan dengan valuasi terhadap sumberdaya alam.

Gambar 2. Valuasi Sumberdaya Alam

Gambar 3. Analisa Hipotetik Rasionalisasi Pemanfaatan SDA

Gambar 4. Identifikasi Manfaat SDA

Sumber Gambar  : Dr. Ir. Bramasto Nugroho, MS (Staf Pengajar Fakultas Kehutanan IPB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: